Selasa, 06 Mei 2014

Nikon Atau Canon ?

Dalam dunia persilatan fotografer ada 2 jenis senjata yang sangat terkenal, yaitu Canon dan Nikon. Yang konon telah teruji kesaktiannya dari 2 kamera tersebut, dari ketahanan dan ketajaman gambar serta detail warna dan lain-lainnya.

Dulu, sebelum saya menetapkan membeli senjata kamera keluaran pabrikan mana, saya banyak googling tanya sana dan tanya ke sini, buka banyak website yang me review kamera mana yang bagus, kamera mana yang tangguh, kamera apa yang keren namun murah.
bermacam jawaban bervariasi saya dapatkan, namun itu semakin membuat saya bingung, harus menggunakan senjata kamera jenis apa untuk bertarung di dunia per fotografi an.
Akhirnya saya semedi 1 hari 1 malam, dan mendapatkan sedikit pencerahan serta kesimpulan untuk menentukan senjata (red:kamera) macam apa yang harus saya gunakan.

1. Pendekar yang hebat, ranting pun menjadi pedang

Dari kalimat itu bisa bermakna, kita menggunakan kamera seperti apapun, yang sederhanapun, bahkan misal harus menggunakan kamera ponsel pun, jika kita punya skill dasar pasti bisa menghasilkan gambar yang bagus, setidaknya lebih bagus daripada yang belum memiliki skill dasar fotografi. soo.... saya mengesampingkan merk kamera yang hendak saya beli.

2. Sesuaikan kemampuan dan kebutuhan

untuk apa? pertanyaan itu harus terjawab sebelum anda membeli sebuah kamera, untuk hobi? komersil/usaha prfesional? atau ntuk sekedar koleksi.
jika sudah terjawab, tinggal kita tengok kocek kita, punya berapa banyak amunisi yang tersedia untuk membeli kamera tersebut.
Mungkin untuk hobi anda bisa menargetkan bajet kocek kisaran kurang dari 4.5jt an. Ada  banyak jenis di pasarkan dari 2 pabrikan paling terkenal yaitu Nikon dan Canon. misal canon 1000D, canon 1100D, atau dari Nikon seperti Nikon D40, D40X, Nikon D5000 dan masih banyak lagi. Tinggal sesuaikan saja kebutuhan yang tersedia.
Lain halnya jika untuk usaha atau kedepannya untuk komersil pro, mungkin bisa berburu seri di atasnya itu, namun ingat sub pertama Pendekar yang hebat, ranting pun jadi pedang. jadi skill lah yg lebih utama. Saya tidak akan me review merk ataupun tipe-tipe kamera yang harganya puluhan juta, karena sudah jelas bagus. Mari kita lebih menitik beratkan pada skill dasar agar ketika kita memegang kamera apapun, kita ada basik dasar untuk memaksimalkan kemampuan kamera itu sendiri.

3. so ? Canon atau Nikon?

Pendapat saya pribadi, kedua merk tersebut punya ruang pasar sendiri-sendiri. Jadi sudah pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi sebagai user, kitalah yang musti jadi pelengkap dari kekurangan senjata kita tersebut. Saya tegaskan sekali lagi Canon atapun Nikon sama-sama bagus dan sama-sama telah teruji, jangan bimbang memilih yang mana, yang terpenting adalah skill kalian. Klo nggak percaya tanya saja sama para fotografer yang sudah melanglang buana di dunia persilatan perfotografian.. :P

Demikian pendapat pribadi saya tentang solusi pemilihan kamera mana yang hendak anda beli. Saya harap setelah membaca tulisan ini anda tidak lagi bimbang untuk membeli kamera merk apa, karena yang terpenting adalah SKILL. Jika ada kurang mohon di koreksi

Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar