Selasa, 06 Mei 2014

Tekhik Dasar Fotografi

Seperti yang saya bahas di Low Entri Level sebelumnya, dalam tulisan saya akan banyak menyinggung tentang fotografi di kelas menengah ke bawah dengan peralatan sederhana. Seperti pentingnya dalam pemilihan kamera yang paling banyak beredar di pasaran, yang mengharuskan anda memilih Canon atau Nikon ? maka skill dasar seorang fotografi juga harus mumpuni untuk bisa memaksimalkan kualitas dari sebuah foto.
Mungkin ada beberapa item yang musti kita kuasai untuk bisa melakukan itu ;

Iso, Aperture dan Speed

  1. iso

    Iso secara garis besar bisa di artikan sensitivitas sebuah kamera terhadap cahaya
    Dari gambar di atas bisa di mengerti, dengan nilai iso dari terendah sampai tertinggi memiliki efek yang berbeda terhadap sebuah foto. Dari nilai iso yang terendah yaitu 100 sampai yang tertinggi 12800 memiliki efek yang signifikan terhadap hasil akhir dalam sebuah pemotretan. Pada nilai iso rendah yakni 100, jelas terlihat kesensitivan terhadap cahaya sangat kecil, dengan menaikkan iso maka kesensitivan terhadap cahaya akan semakin besar, namun ada dampak negatifnya jika kita menaikkn iso terlalu tinggi, yaitu akan menghasilkan noise pada gambar.

  2. Aperture

 Definisi aperture adalah ukuran seberapa besar lensa terbuka (bukaan lensa) saat kita mengambil foto

dari gambar di atas menunjukkan, semakin rendah nilai Aperture makan semakin lebar lensa terbuka, sehingga memungkinkan kamera bisa menangkap cahaya lebih banyak untuk menghasilkan gambar yang lebih terang.
      3. Speed
Untuk pemahaman speed bisa di baca lebih jelas di sini
dan dari ketiga komponen tersebut di atas untuk bisa menghasilkan gambar yang bagus, harus benar-benar seimbang, antara iso, aperture dan speed. Anda dapat mempelajari segitiga iso speed dan aperture di sini 

So, dengan berbekal sedikit pengetahuan tentang iso aperture dan speed, ada musti sering-sering melakukan ujicoba agar bisa memahami karakter kamera. ingat, sayangi kamera, peluk, jaga dia seperti menjaga kekasihmu agar kau bisa memahami karakter kamera anda.
sekian, terimakasih ..mohon koreksi dan tambahan jika ada kekurangan 
Wassalam,
  
          

2 komentar:

  1. Bagus ... sangat membantu.. thanks infonya...

    BalasHapus
  2. sama-sama mas, masih baru belajar ini. masih newbie..mohon koreksi jk ada yg salah

    BalasHapus